RESENSI BUKU SAKU “SALES MAGIC FOR DAKWAH”


Author: N. Faqih Syarif Hasyim, Komisaris Quantum Spirit Training Center

Tidak bisa dipungkiri banyak dari kita yang memiliki problem saat melakukan komunikasi massa dalam dakwah dalam forum public seperti saat mengisi pengajian, mentoring, presentasi, training, seminar, orasi, interview, atau saat kita diminta mengontak tokoh besar. Seringkali problem terkait public speaking-lah yang menjadi kendala terbesar kita tersebut. Bisa jadi materi dan fakta sudah kita kuasai, namun bagaimana teknik penyampaian dan pendekatan yang efektif dan tepat masih menjadi masalah besar yang menghantui para aktivis dakwah.

Karena problem ini, wajar saja akhirnya syiar islam yang sejatinya mencerahkan umat yang telah kita sampaikan justru disalahartikan, terjadi mispersepsi pemahaman, dan yang paling parah jika terjadi penolakan. Ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan pengalaman kita tentang teknik pendekatan dan penyampaian syiar dakwah islam yang efektif.

Hal ini dapat kita analogikan seperti sebuah barang dagangan. Percuma saja, misalnya, sesuatu yang sangat berharga jika kemasannya tidak menarik, yang menjualpun serampangan, maka bisa dipastikan tidak ada yang mau membeli barang tersebut. Jangankan dibeli, diberi saja, orang tidak mau! Seperti juga islam, jika kita tidak pandai mengemasnya, maka seindah dan sebaik apapun islam itu, ia tidak akan laku.

Maka, mencoba memenuhi kebutuhan para pengemban dakwah, Ustadz Faqih Syarif merumuskan materi yang sudah sering dipresentasikannya di berbagai daerah ke dalam sebuah buku saku. Beliau mengemasnya dengan bahasa yang ringan, aplikatif dan mudah dipahami. Selain itu, bentuknya yang kecil dan beratnya tak seberapa ini menjadikan buku ini mudah dibawa dan disebarluaskan ke teman-teman lain yang membutuhkannya.

Keunggulan lain dari yang beliau paparkan adalah kendati materi islam dapat dikemas semenarik mungkin, beliau menolak kompromi dalam menyampaikan sebuah ide. Sebab jika ide islam tersebut kita kompromikan, maka sama saja kita telah merusak islam itu sendiri dengan mengurangi atau menambahi islam dengan ide yang tentunya bertentangan dengan islam.

Buku ini memuat teori-teori umum praktis seputar komunikasi massa. Salah satu contoh nya adalah teori ”Sales Magic” yang penulis kembangkan dari buku Anthony Robbins tentang teknik marketing. Teori ini berisi empat tahapan yang dapat dipakai sebagai uslub dakwah:

1. Building Trust (membangun kepercayaan/brand image/integritas)

2. Building Need (Membangun kebutuhan)

3. Give Solution (Memberikan solusi)

4. Close the Sales (Menutup penjualan)

Beliau dengan lugas menjelaskan satu-persatu langkah dari teori ini.

Di bagian lain beliau membahas secara ringkas dan jelas mengenai objek dakwah, segmentasi dakwah, dan cara dakwah efektif dan benar.

Dakwah yang benar adalah dakwah yang sebagaimana qudwah hasanah kita, Nabi Muhammad saw contohkan. Oleh karenanya penulis buku ini secara sengaja menyisipkan contoh cerita dakwah rasul yang diambil dari Sirah Nabawiyah yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

Di bagian akhir beliau menutupnya dengan tausiyah dan nasihat-nasihat penting yang ditujukan bagi kita para pengemban risalah dakwah, terkait sifat-sifat umum yang harus kita miliki, seperti teguh dan istiqamah dalam islam dan jalan dakwah, senantiasa melakukan amal shalih, wara’, tawadhu’, mengalihkan perasaan cinta dunia (hubbud dunya) kepada cinta Allah, Rasul, dan Kaum Muslimin, juga mengalihkan perasaan takut dunia menjadi takut hanya kepada Allah.

Walhasil, buku saku ini sangat layak dimiliki atau sekadar dibaca dan dipahami setiap pengemban dakwah, sebagai platform dan rujukan metode komunikasi da’wah yang efektif, sehingga syiar-syiar islam diterima, lalu menggema dan menjadi opini umum di kalangan masyarakat luas dan revolusi yang dinanti semakin cepat terwujud.

Semoga buku ini dapat memberi dampak signifikan bagi kemajuan dan kemenangan dakwah di masa mendatang, dan semoga upaya keras dan sukarela yang penulis lakukan mendapatkan ganjaran berlipat ganda dari Allah swt.

Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya Aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?” (TQS. Fushshilat [41]:33)

Action : Download Sales Magic For Dakwah Now!

————————————————————————-

atau coba klik direct link (gambar icon harddisk) ini:

    • jepi
    • Maret 29th, 2010

    download nya gmna?

  1. klik tulisan download

    • sinta
    • Maret 30th, 2010

    sya jg ga bsa download

    • adhe
    • September 16th, 2010

    Asslkm,

    wah bukunya susah neh mau di download akh, bisa tolong upload ulang diserver lain? mediafire or 4shared misalnya?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: