Forum Komunikasi Kelompok Studi Islam (FKKSI) Banjarmasin


Kondisi aktual masyarakat khususnya remaja, tengah mengalami keadaan yang sangat mengkhawatirkan. Nilai-nilai Islam saat ini tidak lagi menjadi standar yang digunakan dalam masyarakat. Remaja berada di ambang kehancuran, ketika masa depan mereka harus sirna karena narkoba, freseks, kenakalan remaja yang tidak lain adalah bentuk pelanggaran terhadap hukum-hukum Allah. Banyak kemunduran yang melanda umat Islam baik dari segi pemikiran, perilaku, maupun peradabannya yang jauh dari apa yang pernah dicontohkan Rasulullah SAW dan para sahabat serta generasi yang menjadikan Rasulullah sebagai panutannya dalam segala aspek kehidupan.
Kian hari kian terasa bahwa cahaya iman dan taqwa itu mulai meredup. Ditambah lagi kondisi lingkungan pergaulan dewasa ini yang semakin tidak terjaga dan cenderung menguji keimanan serta menggoyahkan ketaqwaan. Tentunya jika terus dibiarkan, hal ini akan menjadi sangat berbahaya. Bahkan bisa jadi bangsa ini akan terancam kehilangan generasi penerus (Lost Generation). Terlebih lagi dikalangan remaja yang jiwanya labil serta masih dalam tahap pencarian jati diri, tentunya sangat dibutuhkan filter sekaligus benteng yang dapat menjaga serta meminimalisir dampak-dampak negatif dari lingkungan pergaulan yang tidak sehat. Maka sudah menjadi kewajiban apabila kita sebagai khalifah dimuka bumi Allah menyeru kepada kebajikan dan mencegah dari yang mungkar.

Seperti yang kita pahami bersama, kondisi obyektif dari masing-masing sekolah berbeda-beda. Hal ini menjadikan masing-masing lembaga dakwah di sekolah berkembang dengan pola masing-masing sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapinya.

Keadaan ini berakibat melemahnya kekuatan gerak dakwah secara global. Bahkan terkadang lembaga dakwah di satu sekolah tidak tahu tentang keadaan lembaga dakwah di sekolah lain, hal ini tentunya tidak dapat dibiarkan mengingat ini tidak sejalan dengan tujuan dakwah Islam yakni merubah keadaan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu jalinan koordinasi yang baik diantara lembaga-lembaga dakwah demi terciptanya gerak dakwah yang terpadu dan teratur.

Forum Komunikasi Kelompok Studi Islam (FKKSI) merupakan salah satu bentuk koordinasi dakwah sekolah yang berfungsi membentuk jaringan (link) antar lembaga-lembaga dakwah sekolah yang ada di Banjarmasin guna menciptakan gerak dakwah yang teratur,terpadu, kompak dan saling menguatkan laksana bangunan yang kokoh serta saling menopang demi terwujudnya tujuan dakwah.
[Visi]

Menjadi acuan gerakan dunia sekolah dalam membangun sumberdaya manusia yang berkepribadian Islam serta mampu melakukan perubahan sosial menuju kehidupan yang Islami khususnya didalam lingkungan belajar mereka sendiri.

[Misi]

1) Membangun dan menguatkan solidaritas jaringan dakwah sekolah di Banjarmasin.

2) Mengopinikan Islam sebagai suatu standar kehidupan ke seluruh sekolah-sekolah yang ada di Banjarmasin.

3) Membina dan memberdayakan peran lembaga-lembaga dakwah yang ada di sekolah secara lebih optimal.

4) Membantu sekolah-sekolah untuk mendirikan sebuah lembaga dakwah sebagai salah satu upaya pengopinian Islam di sekolah tersebut.

5) Menggalang ukhuwah dan kerjasama dengan organisasi-organisasi ataupun LSM-LSM yang bergerak di bidang dakwah dalam upaya pengembangan kader-kader dakwah yang lebih berkualitas.

[T U J U A N]

1. Membantu mewujudakan Visi dan Misi sekolah untuk menciptakan output yang selain ber-IPTEK juga ber-IMTAQ.

2. Membentuk jaringan (link) antar lembaga dakwah yang ada disetiap sekolah

3. Memperkuat hubungan silaturahmi antar sesama pelajar muslim di Banjarmasin.

4. Membentuk kader pengemban dakwah yang memiliki kepribadian yang Islami.

FKKSI memiliki berbagai program kerja rutin seperti, KBQ (Kelompok Belajar Qur’ani) yang berfungsi sebagai wadah membina Tsaqofah atau ilmu keislaman bagi pesertanya, . Sharing With FKKSI, ajang sillaturahmi sekaligus kesempatan bagi semua KSI (Kelompok Studi Islam) di bawah FKKSI untuk saling berkoordinasi dan menindaklanjuti berbagai masalah yang dihadapi setiap KSI untuk diselesaikan secara bersama. Selain itu ada juga FKKSI Goes to School, yang merupakan kunjungan Tim Humas FKKSI ke setiap sekolah untuk lebih mengeratkan hubungan antara FKKSI dan setiap KSI di berbagai sekolah.

FKKSI juga memiliki beberapa Program Tahunan seperti SANRAD(Pesantren Ramadhan kegiatan positif di Bulan Ramadhan, ada juga acara Kongres Remaja Muslim yang mengangkat isu-isu hangat di tengah masyarakat terutama Remaja, acaranya berupa Talk show dan Tabligh Akbar

Kini FKKSI membawahi beberapa KSI Sekolah di Kota Banjarmasin antara lain di SMAN 1, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 6, SMAN 7, SMAN 8, MAN 1, Man 3, SMK 4, SMA Islam Sabilal Muhtadin, dan SMF-ISFI Banjarmasin

Action:  Kunjungi Website FKKSI

http://www.fkksi.blogspot.com

    • Reni Yunita Ariany
    • Oktober 8th, 2010

    Buat FKKSI,
    Sukses terus dalam berdakwah, Kalau boleh bertanya masalah apa sich yang sering dihadapi remaja khususnya disekolah, dan bagaimana solusinya agar bisa terhindar dari masalah tersebut ???
    Terima Kasih atas jawabannya…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: