Info KSI (Kelompok Studi Islam)


Dari berbagai responden yang menjawab pertanyaan kami apakah anda mengenal apa itu KSI? Sebagian besar di antaranya menjawab ”Alhamdulillah sudah mengenal”, tetapi di antaranya ada juga yang agak mengejutkan seperti jawaban anak yang satu ini. Sebut saja namanya Bunga (ni bukan nama samaran, he). “KSI? sinetron apaan lagi tuh?” (gedubraksz…!), ada lagi yang lebih kreatif yaitu Si Udin begini katanya, ”ksi itu ”ketoprak, siomay ikan….”,(he ini mah dianya aja mikir makanan mulu…)

Tapi dari berbagai kekacauan jawaban di atas sebagian besar sudah menjawab dengan benar (hore….!!). Yupz KSI itu Kelompok Studi Islam alias wadahnya para pelajar baik yang cowok (ikhwan) ato cewek (Akhwat) yang ingin lebih memperdalam ilmu/tsaqofah islamnya.

KSI atau sering disebut Rohis atau (Ikatan Remaja Muslim) adalah salah satu organisasi/ekstrakulikuler yang berdiri atas keprihatinan sebagian remaja atas kondisi yang mengkhawatirkan dalam kehidupan mereka. Masuknya budaya luar yang sulit dikontrol membuat remaja berprilaku “semau gue” yang membuat mereka tentu semakin jauh dari Islam yang seharusnya jadi pegangan hidup agar selamat dunia dan akhirat. Hingga akhirnya berdirilah organisasi ini yang memiliki landasan gerak sebagai berikut;

1) Ayat Alqur’an yang artinya “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung.” (TQS.Ali Imran: 104)

2) Undang-undang pendidikan No.20 tahun 2003

3) Visi dan misi Sekolah untuk mewujudkan pelajar yang tidak hanya ber-IPTEK tapi juga berIMTAQ tinggi

Sedangkan tujuannya ialah

1) Membentuk generasi muslim yang memiliki kepribadian Islam (syakhsiyyah Islamiyyah) serta mempersiapkan kader dakwah Islam.

2) Memperkuat keimanan dan ketaqwaan serta menambah wawasan dan pengetahuan ke-Islaman siswa.

3) Mempererat silaturahmi dan rasa persaudaraan, serta menjadi wadah pengembangan pengetahuan keislaman agar para siswa dapat membentengi diri dengan pengetahuan keislaman dan menjadi insan yang bertaqwa kepada Tuhannya.

4) Menjadi sarana untuk terciptanya insan ulul albab yang dinamis, cerdas, kreatif, dan memiliki inisiatif dalam menghadapi tantangan global.

5) Media opini dan syiar dakwah keislaman agar masyarakat, khususnya para siswa, sadar dan mau peduli terhadap problematika umat dan siswa tertarik untuk ikut bergabung dalam perjuangan suci menuju kemuliaan Islam dan kaum muslimin.

Dengan berbagai Program kerja yang dimilikinya, KSI dapat menawarkan berbagai macam kegiatan bagi para anggotanya yang tentunya menarik dan kreatif, seperti kajian rutin mingguan yang merupakan wadah membina tsaqofah islam secara rutin yang materinya disampaikan oleh kakak-kakak angkatan yang bersahabat. Ada juga kajian rutin yang bersifat bulanan dengan bebagai kemasan acaranya, yang tidak hanya berupa kajian faktual remaja yang mengangkat isu-isu hangat seputar remaja seperti masalah pergaulan, keluarga, pelajaran sampai cinta, ada juga acara seperti nonton bareng film yang nanti juga akan dikupas dalam perspektif islam.

Dan jangan dilupakan KSI juga memiliki program tahunan seperti Seminar Remaja, Supertraining, Milad KSI, Pekan Rajabiyah, Lomba Islami, Pesantren Ramadhan, dll, yang merupakan event besar untuk memperluas syiar islam kepada kalangan remaja, terutama seminar dan supertraining yang tentunya diisi oleh trainer handal yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya dalam memotivasi remaja agar bersemangat dalam mencari arti hidup dan menjalaninya sesuai dengan tuntunan Islam.

Akhirnya tak ada pilihan lain selain kepada Islam itu sendiri dengan menjadikan KSI sebagai sarana untuk mencapai generasi-generasi muda islam yang cemerlang, yang tidak hanya memiliki intelektual tinggi tetapi juga akhlak yang mulia. So,

LET’S JOIN KSI IN YOUR SCHOOL!!!

    • Wahyu Noor S
    • Januari 2nd, 2010

    Assalamu alaikum wr wb

    Alhamdulillah akhrx bisa buka blog ini. Saya rasa ini adalah gebarakan dalam dunia dakwah. Memanfaatkan semaksimal mungkin media yg ada dlm hal ini internet. Saya banga sekali karna pendiri dan pengurus blok ini adalah para senior saya di SMAN 1 BJM, yg mengajarkan saya bnyk hal terutama dibidang dakwah.
    Sampai disini dulu. Semoga kita bisa terus brjuang di jalan Allah SWT. Amin.

    Salam dari Banjarmasin,
    wassalamu alaikum wr wb

    • Salam.

      Inilah dunia kawan. Selamat datang di kehidupan yang keras dimana benturan dan goncangan menjadi hal yang biasa.

    • Jaka surya
    • Agustus 24th, 2010

    Alhamdulillah
    sekarang di sekolah saya sudah ada KSI nya. Terima kasih kepada seluruh FKKSI banjarmasin semoga KSI ada di setiap sekolah tingkat SMA/yang sederajat. Amien

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: