Ilmu yang Manis dan Wangi ..


bismillahirrahmanirrahim .. assalamu’alaykum ..
alhamdulillah .. segala puji bagi Allah .. teruslah bersyukur yah ..
buat kawan-kawan pembaca alias ‘PENUNTUT ILMU‘ gimana kabarnya nih? Masih lancar aja kan napasnya, alhamdulillah dulu dongs ..

“sesungguhnya, malaikat akan meletakkan sayap-sayapnya di atas para ‘PENUNTUT ILMU’, sebagai restu atas apa yang mereka lakukan.” (HR Ahmad dan Ibnu Hibban)

berarti yang lagi nuntut ilmu, keren dongs .. malaikat-malaikat aja mpe hormat ama kita, iya ga? hehe

— ILMU tentang SENYUM, hmm?
Eh, pernah dibisikin ama Mr. Riset ga? dah pada tau belon manfaatnya senyum? katanya nih ya .. hati yang awalnya mendung berawan-awan item plus petir-petirnya, bisa jadi bermentari lagi loh! cuman gara-gara senyum! oke kan? makanya yang lagi cemberut .. silakan dongs! keluarin aja senyumnya .. Nah, gitu kan manis??

loh kok masih cembeyut aja sich?” .. ya udah deh abang kasi tau satu rahasia lagi ..

tyus katanya kekasih Allah, idola kita semua, Rasulullah

“Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah” (HR Tirmidzi dan Ibnu Hibban dari Abu Dzar)

.. hehe hadisnya, gilang singkat aja ya ..
bahkan senyum kadang lebih baik daripada sedekah harta loh .. !

Pas lagi sedih banget waktu itu, gilang ambil cermin tyus senyum-senyum sendiri di depan cermin itu,hehe .. eits, jangan dikira orang gila yah ..
eh, tau-tau hati gilang malah jadi ceria lagi .. emang hebat deh terapi senyum!
nah, sekarang pasti dah senyum semua, insya Allah .. amiin ..

ILMU tentang ‘ILMU’, waduh?
Imam Hasan Al-Bashri pernah say helo

” . . . karena ada suatu kaum yang mencari ibadah lalu meninggalkan ilmu pengetahuan. Kemudian dengan menyandang pedang, mereka menyimpang dari umat Muhammad SAW. Kalau mereka mencari ilmu, niscaya ilmu tidak akan mengajari apa yang mereka kerjakan.”

hehe gilang singkat lagi kata-katanya, gapapa yah?
Nah, kaum khawarij yang kerusakannya bukan karena dikitnya ibadah tapi karena dikitnya ilmu pengetahuan tentang halal dan haram alias fiqih. Tyus pas ngebaca Alquran, bacaannya ga mereka pahami. Buntut-buntutnya, bacaan itu nggak bisa jadi cahaya alias petunjuk akal mereka.

So, kalo ngebaca Alquran, pantengin juga arti dan isinya! Nggak yakin ama Islam? kurang ilmu, tuh .. ilmu dulu baru amal! Jadi, sohib-sohibku yang cantik dan ganteng .. Alqurannya dibaca yah, sama artinya juga .. mau kan?

ILMU tentang DIRI KITA SENDIRI, apaan?
Nah, sapa yang pernah jadi korban darwinisme? ayo angkat tangannya .. goyang jempolnya? (emangnya lagi dangdutan ..)
kita bukan keturunan monyet kalee .. yang bener aja?! Ga mau dongs kita yang cakep disebut anak cucu monyet. Kalo anak cucu Adam sih jelas buenerrr!!

“Sungguh Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (QS At Tin 4)

Bahkan, pas Adam ‘alaihis salaam (yang ngewakilin kita semua) diciptain, malaikat-malaikat aja sujud kan? Tyus iblis yang sombong diusir dari langit.
Wah, betapa Allah telah begitu memuliakan Adam dan seluruh manusia. So, bersyukur dong! Ga hanya dengan lisan tapi juga dengan perbuatan, oke?

ILMU tentang MENGAJAK KEBAIKAN, aduhai?
Ternyata ngajak orang lain buat -ngebuat kebaikan- itu pahalanya guede bangets! Bahkan Rasulullah yang Al-Amin aja bilang kea gini ..

“Apabila Allah memberi hidayah kepada seseorang melalui upayamu, itu lebih baik bagimu daripada apa yang dijangkau matahari sejak terbit sampai terbenam.” (HR Bukhari dan Muslim)

kebayang ga tuh .. yang dilalui matahari seharian apa aja? kebayang ga luasnya angkasa kea apa? waduh, pokoknya kalo udah ngajak kebaikan, pahalanya udah kea matahari. Sip kan kalo matahari udah ada di genggammu? (panas dong ..hehe).
Jadi, terus ajak kawan-kawannya yah .. buat kebaikan, sepakat?

Tyus buat akhwat-akhwat yang make jilbab! kalian itu lagi dakwah tau .. Kalo ada saudari yang memutuskan untuk berjilbab setelah melihatnya, itu adalah dakwah bagimu. So, tyus pake jilbab kalian yah .. selalu mau kan?

ILMU tentang BERSAUDARA, sweet?
Katanya Anas ibn Malik

“Aku bisa berharap untuk membersamai Rasulullah, Abu Bakar, dan ‘Umar di surga nanti. Karena, meski amalanku tak sebaik amalan mereka, tetapi aku sangat mencintai mereka . . . “

Ah indahnya. Siapa yang kau cintaiku saudaraku?
Buat saudara-saudara yang kucintai, nih ada syair ..

Sejenak ku terkenang
Hakikat perjuangan, penuh onak dan cabaran
Bersama teman-teman, arungi kehidupan
Oh indahnya

(Brothers: Selamat Berjuang)

“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, maka damaikanlah di antara kedua saudaramu, dan bertaqwalah kepada Allah, agar kamu mendapat rahmat.” (Al Hujurat 10)

ILMU tentang RINDU
:: betapa kita rindu wajah Al-Amin, Rasulullah, begitu berharga menyertainya ..
:: betapa kita rindu wajah-wajah sahabat, begitu indah menjadi bagian ketakwaan mereka ..
:: betapa kita rindu wajah-wajah keimanan. Hey, itu adalah kamu saudaraku ..
:: betapa kita rindu rumah tangga yang barakah. ‘Bidadari’ itu sedang memandangi antum sambil mengenakan mukenanya, “Shalat yuk!” penyempurna agama itu mengajak antum untuk taat.
:: betapa kita rindu anak-anak yang dengan keceriaannya menghapal Alquran. Mereka memberi pelita bagi rumah

:: Lalu betapa kita rindu masyarakat yang terarah ..
:: Lalu, kita rindu sebuah negeri yang thayyibah ..

:: Akhirnya, betapa rindunya kita pada sambutan cinta ..

” Wahai jiwa-jiwa yang tenang, kembalilah pada Rabbmu dengan hati puas lagi diridhai, maka masuklah ke dalam golongan hamba-hambaKu dan masuklah ke dalam jannahKu . . .” (QS Al Fajr 27-30)

———-
Insya Allah ..
Wallahu’alam bi ash shawab ..
Alhamdulillah .. segala puji bagi Allah
Afwan jiddan atas kesalahan-kesalahan gilang ..
Jazakumullahu khayran katsiran buatmu ‘penuntut ilmu’ yang diterbangkan ke surga dengan sayap-sayap malaikat ..
semoga perjumpaan kita barakah!

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: