Program Muhasabah Aja Deh


oleh Gilang Zulfairanatama al-Arsyad

bismillahirahmanirrahim .. assalamu’alaykum ..
alhamdulillah .. yuks bersyukur dulu dong ma Allah .. kan anak manis??

Umar bin Abdul Aziz berkata

“sungguh saya memiliki jiwa perindu .. jiwa merindukan kepemimpinan maka saya meraihnya .. jiwa merindukan khilafah maka saya pun meraihnya .. dan sekarang jiwa itu sedang merindukan surga ..”

anak2 yg manis .. ngomongin surga emang bikin rindu yah .. tapi serindu apapun, apakah ada yg bs ngejamin kita masuk surga?
buat anak2 manis yg ngebaca nih note, gilang doa’in kalian masuk surga .. amin ..

JANGAN MALAS WUDHU
ah, segernya air yg ngebasahi jiwa kotor ini, terbayang ketika air suci mengalir maka terasa membasuh tubuh ini dari dosa ..
ya rasakan itu .. ketika kalian membasuh wajah maka rasakan bahwa dosa2 mata, hidung, mulut, semuanya terbasuh oleh air wudhu .. ah tenangnya jiwa ini KAU biarkan menjadi suci ..

MUHASABAH SHALAT
mungkin tak seharusnya orang yg kadang lalai ini mengingatkan. tapi semoga inilah barakah!
sudah sepantasnya aku menangis, karena shalat ini pernah kutinggalkan, kutunda-tunda, kulalaikan, tapi itu lah masa kelam ..
sekarang ini adalah masa yg berbeda, masa yg paling terang! sudahkan antum dan antunna melakukan perbaikan? ah, maaf, seharusnya ini pertanyaan yg ditujukan kepadaku sendiri ..

NGAJI ITU MENYALAKAN PELITA
sudah kering kerontang jiwa ini, kering tanpa air dari lantunan ayat cintaMU, dan sekarang mata ini basah kala ayat2 cintaMU mengairi lembut hatiku ..
ah, betapa rindunya bersamaMU memadu kasih, dan semoga benar! ayat2MU yg kulantunkan ini menjadi pelita di kubur nanti .. amin

SAHABAT NGEBACA ALQURAN
“jika langit memerah dan terbelah seperti kulit merah” dilantunkannya QS ar rahman 37 ini dg syahdu .. tiba2 tubuhnya gemetar menggigil, matanya dibasahi bening2 syahdu, bibirnya gemetar, terdengar gumamnya .. “duh apa yg akan terjadi dengan diriku sekiranya langit terbelah nanti (kiamat)? sungguh malang nasibku!”
seketika manusia paling mulia sedang berjalan, dan ditenangkannya sahabat itu .. “tangisanmu menyebabkan malaikat pun turut menangis”
ah, betapa lega seandainya yg mengaji itu adalah kita, betapa bahagia kala diberi jaminan surga ..

KAU GA BISA LARI
kubuka kembali buku hadis yg kau beri. semoga rahmat Allah selalu bersamamu, amin! kuharap kita dipertemukan kembali dalam keadaan yg baik .. karena Allah
salah satu hadis ” … hendaklah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatnya. jika engkau tak bisa, maka yakinlah bahwa Allah melihatmu … ”

tidak ada seorang pun yg tahu, ketika dosa itu kita dilakukan! kita sembunyikan dosa kita dari manusia mana pun. tapi sayang, dosa itu terlanjur dicatat oleh malaikat. dan di hari akhir yg berat, dosa itu dipertontonkan! ya! dosa yg membuat malu manusia hingga keringatnya menenggelamkan, malu yg begitu dahsyat! dan ingat bahwa peradilan Allah adalah peradilan yg tak tergambarkan saking dahsyatnya!!

untuk itu, ingatlah selalu muraqabah .. perasaan senantiasa diawasi! ingat di kanan-kirimu ada dua malaikat! dan ingat Allah tak pernah luput penglihatanNYa darimu ..
kau selalu diawasi, tak kan bisa lari ..

LOGIKA YG BENAR
pernah baca tabloid kan? nah, ada kan ‘zodiac dan horoskop’?
logika yg benar, zodiac dan horoskop itu adalah salah satu berhala! banyak orang nanya apa hubungannya?
nah, zaman dulu itu ada kan penyembahan terhadap bintang dan benda angkasa?
zaman sekarang berhala itu bermetamorfosis kayak kupu2 menjadi zodiac dan horoskop ..

hati-hatilah dengan zaman sekarang, jahiliyah telah bermetamorfosis!!

PILIHLAH MENIKAH BUKAN PACARAN
cara untuk belajar menjadi istri yang terbaik, hanyalah melalui suami. cara untuk menjadi suami terbaik, hanyalah melalui istri.
TIDAK BISA MELALUI PACARAN
pacaran hanya mengajarkan bagaimana caranya menjadi pacar terbaik, bukan suami atau istri terbaik.

[mohammad fauzil adhim] bila engkau ingin mendapatkan suami yg bisa menjaga pendangan, tak bisa engkau meraihnya dengan, “hai cowok .. godain kita dong.”

adakah keinginan menikah padamu? Allah telah berjanji akan memberi pertolongan .. insya Allah

JANGAN LALAI KARENA DUNIA
mereka telah menikah. abdullah bin abu bakar bercanda dengan istri jelitanya, atikah, begitu mesra. nampak kebahagiaan di mata sejoli cinta ini. dari luar rumah, abu bakar mengurungkan niatnya untuk mengajak putranya shalat berjamaah di mesjid. “apakah wanita telah membuatmu lalai wahai anakku?” mungkin itu tangisnya dalam hati.

salam telah mengakhiri shalat, abu bakar melewati rumah putranya, kembali. di sana, seperti semula, putra dan menantunya masih diselimuti canda. dan tak tertahan perasaan cinta seorang ayah kepada anaknya. kebijaksanaan seorang ayah, menuntunnya mendekati abdullah “ceraikanlah istrimu dengan talak satu”

selama ini banyak sekali kelalaian kita yg terjadi karena keasikan duniawi, ayolah kawan sejenak kita mengingat Allah ..

CURHAT DONG, YUKS MARI ..
curhat ma Allah udah, mpe nangis, keingus2, maklum lah perasaan terlalu lembut gicu .. tp koq masi ada yg meresahkan

akhirnya gilang curhat deh ke mama, haha .. ahhh malunya bukan main curhat sama mama, hihi
tapi lega juja, abisnya dikasih solusi sich
ga kebayang kalo curhat ma teman, haha, bisa digodain trus kali ye ..

TAK ADA WAKTU TUK MENUNDA
[mohammad fauzil adhim]
tak ada waktu untuk menunda
jika engkau memang telah siap
maka apalagikah alasan
yg bisa engkau berikan
untuk memaafkan dirimu sendiri?

<<–>> semoga kita menyegerakan berdekatan dg Allah .. allahu akbar!

wah, ada yg nangis .. ya udah deh gilang cukupkan sampai sini dulu ya .. insya Allah lain waktu kita bakal bertemu ..
mohon keridaannya buat yg dah baca

insya Allah
wallahu’alam bishawab
alhamdulillah
afwan jiddan buat kesalahan2 gilang

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: