METAMORFOSELF


oleh Fajar Gemilang Ramadani

-Thufail Al-Ghifari
Metamorfosis

Menjadi karanglah meski tidak mudah
Sebab ia akan menahan sengat binar sinar mentari yg garang
sabab ia akan kukuh halangi deru ombak yang kuat menerpa tanpa kenal lelah
melawan bai yg keras menghambus dan menerpa dengan dinginnya yang coba membekukan
sebab keteguhannya akan menahan hempas badai yang datang menggerus
terus menerus ia akan kokohkan diri agar tak mudah hancur dan tak terbawa arus
ia akan berdiri tegak, berhari-hari, bertahun-tahun, berabad-abad tanpa rasa jemu dan bosan

menjadi mutiaralah meski itu juga tak mudah
sebab ia berada di dasar samudra yang dalam
sebab ia begitu sulit dijangkau oleh tangan-tangan manusia
sebab ia begitu berharga sebab ia begitu indah dipandang mata
sebab ia tetap bersinar meski tenggelam di kubangan yang hitam

menjadi pohonlah yang tinggi menjulang meski itu tidak mudah
sebab ia akan tetap tegar bara mentari yang tetap menyala di setiap siangnya
sebab ia akan meliuk halangi angin yang bertiup kasar
ia akan terus menjajaki bumi hadapi gemuruh sang petir
sebab ia hujamkan akar yang kuat untuk menopang
menahan gempita hujan yang coba merubuhkan
dan senantiasa berikan bebuahan yang manis dan mengenyangkan
sebab ia akan berikan tempat bernaung bagi burung-burung yang singgah di dahannya
lalu berikan tempat berlindung dengan rindang daun-daunnya

menjadi pauslah meski itu juga tak mudah
sebab dengan sedikit kecipaknya ia akan menggetarkan ujung samudra
sebab besar tubuhnya akan menakutkan musuh yang coba mengganggu
sebab sikap diamnya akan membuat tenang laut dan seisinya

Menjadi melatilah meski tampak tak bermakna
sebab ia akan tebar harum mewangi yang tanpa meminta balasan
ia begitu putih seolah tanpa cacat
sabab ia tak takut hadapi angin dan hujan dengan mungil tubuhnya
ia tak pernah iri melihat mawar yang segar merekah
dan tak pernah malu pada bunga matahari yang menjulang tinggi
ia tak pernah dengki dan rendah diri pada keanggunan anggrek dan tulip yang berwarna-warni
dan tetap layu karena pahami hakikat hidupnya

Menjadi elanglah dengan segala kejantanannya meski itu juga tak mudah
sebab ia harus melayang tinggi menembus birunya langit
melanglang buana taklukan medannya
sebab ia harus melawan angin yang menerpa dari segala penjuru
ia harus melangkah sejauh tanpa takut jatuh
menukik tajam mencengkeram mangsa dan kembali ke sarang dengan makanan di paruhnya
bersama kepak sayap yang membentang gagah

Menjadi kupu-kupulah meski itu juga tak mudah
sebab ia harus melewati proses-proses sulit sebelum dirinya saat ini
ia lalui semedi panjang tanpa rasa bosan
dan belajar lebih banyak berdiam untuk menunggu waktu yang tepat tentang keindahan
sebab ia bersembunyi dan menahan diri dari segala yang menyenangkan
hingga tiba saat untuk keluar dan bangkitkan kebaikan

dalam sujudku bersyukur padamau
hanya bagimu ya Allah
hanya bagimu ya Allah
dalam sujudku bersyukur padamau
hanya bagimu ya Allah
hanya bagimu ya Allah
ALLAHU AKBAR

***

Keren abis ne lagu….. Penuh inspirasi….. Sarat motivasi….. dan juga begitu berenergi.
Bikin gue tambah semangat kalau ngedengerinnya. Pokoke Te O Pe Be Ge Te dah… Tapi yang bikini gue jadi miris, ya ternyata kehidupan saat ini membuat apa yang tersirat dan tersurat dalam lagu di atas menjadi mustahil bagi kebanyakan orang. Parahnya lagi kebanyakan orang itu sendiri adalah kaum muslimin. Umat terbaik yang pernah diturunkan di muka bumi. Ga percaya, ne buktinya….

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. sekiranya ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (Ali Imran : 110)

Umat Islam adalah umat yang akan menjadi PEMENANG. So, pertanyaannya sekarang sudah siapkah kita sebagai bagian dari Umat PEMENANG. Kemenangan tentunya harus di usahakan, dan yang mengusahakannya adalah para PEMENANG

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah suatu kaum, sebelum kaum itu berusaha mengubah keadaannya sendiri” (Ar-Ra’du : 11)

Pertanyaan berikutnya maukah kita menjadi PEMENANG…?? (banyak nanya nih…!!!). Ya iyalah mau…!! Beneran..??? soalnya menjadi pemenang bukanlah hal mudah. Tidak ada pendaki gunung yang handal tiba-tiba nympe di puncak gunung, tanpa melewati terjalnya bukit, berlikunya jalan, dan derasnya terpaan angin dan hujan yang menghadang. Kapal besar sebelum mampu berlabuh harus melewati badai, topan, dan ombak yang menerpanya. Ingtinya setiap tujuan besar yang ingin dicapai pasti punya tantangan tersendiri. Tantangan atau halangan. Tergantung loe mau nganggapnya apa.

Kali gue mau ngasih beberapa tips (cie gaya..!!!). ga juga sih, intinya cuma mau berbagi buat loe-loe pade. Semoga bisa bermanfaat buat loe n juga buat gue.

GUE MUSLIM, emangnya kenapa…???

Salah satu yang bikin kita-kita ga maju-maju alias mogok (emangnya bemo..??) adalah kebanyakan dari kita-kita ga PD kalo kita ini seorang MUSLIM. Banyak cewe-cewe yang malu ketika make kerudung, apalagi jilbab. Katanya takut di ejekin teman-temannya, takut kalo di bilangin “bau surga” atau “sok alim”. Mendingan bau surga daripada bau neraka, mendingan sok alim daripada sok BEJAD. Hayo pilih yang mana. Ada juga cowo yang ga PD kalo jenggot pada tumbuh di dagunya (wah…mentang-mentang yang nulis orangnya jenggoters) takut dibilangin anak buahnya Osama bin Laden. Hahaha …. apa hubungannya coba..?? Padahal jenggotkan sunnah Rasul, yang katanya malaikat pada bergantungan tuh di jenggot…nah lo..!!! sakti ga tuh….(untuk yang satu ini ga tahu pasti, cuma pernah dari seorang ustadz). Pokoknya malu deh kalo bawa-bawa identitas ke Islaman dan jalan sama temen-temen.

Kesian banget deh loe, kalo termasuk salah satu dari contoh di atas, atau contoh-contoh yang lain yang intinya loe ga PD kalo loe itu MUSLIM. Emang sih hebat banget zaman kita sekarang. Kenapa gue bilang hebat…?? ya hebatnya bisa membungkus SAMPAH dengan kado yang rapi dan bagus dilihat mata, Kita dijejali dengan budaya-budaya sampah, mule dari tayangan TV yang banyak ga mendidik, menghipnotis para penontonnya sehingga dengan mudah bisa berkhayal dan membenarkan setiap apa yang ada di TV. Mule dari cara berpakaiannya, cara bicaranya, pergaulannya, de el el lah pokoknya.

Padahal udah gue tulisin tuh buktinya bahwa kita MUSLIM adalah umat yang terbaik yang pernah diturunkan untyuk manusia, seharusnya kita percaya diri dunk. Bayangin yang muji n bilang begitu bukan pak presiden, pak gubernur, apalgi kalo Cuma pak camat, yang bilang gitu Dzat Yang Maha Kuasa, Dzat yang Maha Besar, Dzat yang menciptakan alam semesta beserta isinya. Hebat ga’ tuh…!!! So mule sekarang tunjukin kalo loe itu MUSLIM, dan kataka GUE BANGGA JADI UMAT ISLAM…..

Gue MUSLIM, dan gue KEREN….

Nah kalo loe udah PD kalo loe MUSLIM langkah selanjutnya adalah masukkan 2 biji telor, 100 gr tepung terigu, aduk hingga rata… wayu….apaan tuh resep bikin LEMPENG…??? Kalo loe udah PD, maka yang loe lakuin selanjutnya adalah KERENKAN diri loe. Biar ga malu-maluin kalo kemana-mana. Gimana caranya ngerenin diri. Hal pertama yang diperlukan buat jadi muslim yang KEREN adalah permak dulu pemikiran loe. Ganti dogma-dogma, pemahaman-pemahaman yang ga sesuai dengan ISLAM. Preteli dah tuh loe punya otak. Ganti ama pemikiran-pemikiran yang diajarkan ama Rasul tercinta. Biar apa yang loe pikirin buat nyelesaiin masalah idup loe berasal dari ajaran Rasul. Mulai dari masalah belajar, masalah duit, masalah cewe ampe masalah pemerintahan. Nah canggih ga tu….???

Berikutnya yang loe permak adalah pola sikap loe. Loe bekali diri loe dengan akhlak-akhlak yang terpuji, akhlak yang di ridhoi ama yang nyiptain loe. Jujur kalo lagi ulangan ato ujian, rajin belajr, ga sombong, rajin menabung, amanah, bersegera dalam kebaikan, de el el lah.

Kalo gue bilang sih resep gue di atas namanya SYAKSIYAH ISLAMIYAH (kepribadian ISLAMI). Nah biar loe punya kepribadian yang islami loe mesti punya 2 hal, AQLIYAH ISLAMIYAH (pemikiran islami) n NAFSIYAH ISLAMIYAH (sikap islami) nah kalo loe udah punya 2 ne, loe pasti bakalan jadi orang keren. Keren dunia keren juga di akhirat, InsyaAllah.

Tapi gimana caranya biar gue bisa keren kaya gitu..?? ya caranya denga ngaji Islam. Loe pelajarin deh tuh ISLAM dari kar hingga ke daunnya, mule aqidah ampe politiknya, mule sistem pergaulannya ampe muamalahnya, mule ibadahnya ampe sistem pemerintahannya, trus loe amalin deh. InsyaAllah bakalan jadi dah resep yang ge kasih buat loe.

Gue bisa karena GUE MUSLIM

Intinya loe bisa karena loe MUSLIM, loe sukses karena loe MUSLIM, loe jadi “orang” karena loe MUSLIM. So gapailah kesuksesan dengan menjadikan ISLAM sebaagai poros hidup loe, jangan ampe loe keluar jalur dari orbit yang di Ridhoi dalam Islam, karena kalo kita ga dapat ridho berarti ya kita dapatnya laknat dan siksa Allah.

Demikian hasil tarian jemariku di atas keyboard laptop yang akhirnya bisa kelar setelah sekian lama terpendam dalam hard disk karena berbagai kesibukan (cie sok sibuk banget sih…padahal karena males nyelesaiin nya) Semoga bermanfaat. Mohon maaf kalo bahasanya seperti menggurui, sengaja biar lebih variasi az gue punya tulisan.

Selesai ditulis di Banjarbaru, 18 Februari 2010 jam 22.06

Wallahu ‘alam

Iklan
    • Daoz
    • Maret 12th, 2010

    Pertamaxx dulu ah,,,

    Gue Muslim dan gue bangga,,, Proud to be muslim..

    • dewi
    • Maret 14th, 2010

    Gue juga MUSLIMAH……..

  1. aku jga muslim

    • ummu adillah
    • Desember 11th, 2010

    jzk 4 bang thufail dan ummu jihad tetap menginspirasi hingga kini…

    • rhii
    • April 30th, 2013

    dimana saya bisa download lagu thufail – metamorfosis? saya sering nyari tapi gak bisa di download, tlong share link downloadnya kalau ada . makasih

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: