Soeara Rakjat (Reportase dan Kesan di Balik Kisah Penyuksesan Agenda Ribuan Umat Tolak Obama di Banjarmasin Maret 2010)


Aksi ribuan massa DPD I HTI Kalsel memadati siring sungau Martapura dan trotoar Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin

oleh Muhammad Amda Magyasa

….ribuan massa yang dimobilisasi oleh DPD I Hizbut Tahrir Indonesia Kalimantan Selatan yang terdiri dari berbagai elemen mulai dari ulama, pebisnis, pekerja, rakyat biasa, mahasiswa hingga pelajar hari ini menggelar aksi longmarch besar-besaran menolak rencana kedatangan Presiden Imperalis AS, Barrack Obama. Barisan start mulai dari MR Sabilal Muhtadin, berjalan melewati Jln.Merdeka – Kolonel Sugiono – Pasar Samudra – Lambung Mangkurat hingga finish kembali di Sabilal. Massa kemudian berbaris berjejer mengelilingi Mesjid Sabilal sambil membentangkan poster dan juga spanduk yang dipenuhi tanda tangan mendukung penolakan terhadap Presiden AS tersebut. Disaat yang sama, orasi tokoh-tokoh dan teatrikal oleh pelajar mewarnai aksi tersebut. Ditutup dengan do’a, massa membubarkan diri dengan tertib sekitar pukul 11.30 Wita…” (Banjarmasin, 14 Maret 2010)

***

Alhamdulillah… syukur tiada terkira terucap kepada Allah SWT atas terselenggaranya aksi besar di Banjarmasin hari ini. Kerja keras untuk menghadirkan ribuan massa dari berbagai elemen itu terlihat hari ini. Bensin, uang, tenaga, waktu, fikiran dan banyak hal lain yang dikorbankan akhirnya berbuah massa yang membludak. Rasa haru yang luar biasa saya langsung saya rasakan ketika memasuki tempat parkir bersama rombongan pelajar, dimana juga sebagian peserta sedang berkumpul. Saat itu, rombongan pelajar datang dengan barisan motornya sambil mengibarkan bendera Ar-royya dan Al-liwa.. ketika rombongan pelajar memasuki wilayah parkir, saya melihat ekspresi gembira yang “spontanitas” dari sebagian peserta aksi. Sambil tersenyum sumringah, mereka mengangkat tangannya, sebagian ada yang bertepuk tangan kecil.. Lebih mengharukan lagi, pada rombongan motor itu ada beberapa yang rela mengikutinya hanya dengan sepeda saja hingga tiba di tempat parkir!

Menuju aksi tanggal 14 ini, untuk menguatkan opini kepada masyarakat, Dua hari sebelumnya, yakni hari Jum’at 12 Maret aksi “pemanasan” digelar oleh elemen mahasiswa dari Sabilal menuju gedung DPRD. Aksi yang dilengkapi dengan teatrikal ini berlangsung lancar. Di hari yang sama, opini dan dukungan juga digalang di Mesjid Sabilal melalui pembentangan spanduk untuk mem inta dukungan melalui tanda tangan dan pembagian selebaran berisi penjelasan mengapa kedatangan Presiden AS ini harus ditolak.

Salah satu hal unik yang saya ingat adalah ketika salah seorang jamaah mendekat dan berkata,

Memangnya kalau kita nolak, Obamanya gak jadi datang”.

Yah..kita ni sebagai rakyat yang bisa dilakuin ya ini..kebijakan mah tergantung pemerintah nanti pak.. yang penting kan kita nolak dulu, tergantung pemerintahnya ngedengerin rakyatnya ato gak..” jawab kami.

Masih dengan ekspresi bimbang, namun segera beliau tersenyum dan berkata,

Ya sudah deh gak apa apa.. aku tanda tangan..”.

Subhanallah di tengah teriknya siang, tanda tangan bapak tadi sangat bernilai dan melengkapi belasan tanda tangan di selembar spanduk yang kami bawa.

Berbagai event juga di gelar beberapa hari menjelang tanggal 14, baik sekmen pelajar maupun mahasiswa. Termasuk juga ulama. Di gedung batung Batulis, puluhan ulama Kal-Sel bersepakat: TOLAK OBAMA. Dukungan ulama ini juga semakin menguatkan semua fihak untuk terus berpacu menyukseskan target peserta tanggal 14.

Berhubung terlibat di sektor pelajar, jadi saya mengetahui langsung juga bagaimana keras dan gigihnya usaha adik-adik pelajar turut menyukseskan agenda ini. Di tengah ulangan yang ”meneror”, mereka juga dengan tekun berusaha mengajak teman-temannya, dan berupaya membangun kesadaran bersama tentang sikap yang seharusnya ditunjukkan remaja muslim dalam menyikapi kedatangan Presiden penjajah tersebut. Selebaran dan undangan mereka bagikan, pengumpulan dukungan lewat tandatangan di atas kertas juga mereka galang. Siang..Malam mereka pusing dengan persiapan acara bahkan ulangan. Apresiasi khusus saya berikan juga pada Pelajar yang duduk di bangku kelas 3, dimana seminggu lagi mereka akan berhadapan dengan Ujian Nasional. Namun tidak menghalangi mereka untuk juga berpartisipasi dalam aksi kali ini.

Bahkan ada hal unik, dimana ada ada saja mahasiswa yang sampai lupa jadwal masuk kuliahnya hingga tiba waktunya perkuliahan dimulai ternyata dia belum sempat registrasi alias daftar ulang..untungnya dengan pertolongan Allah dia masih bisa diperbolehkan mengurus registrasi dan mendaftarkan namanya untuk mengikuti semester baru.

***

Tentunya di balik kejadian-kejadian di atas, masih banyak pengorbanan dan kisah lainnya yang terjadi dalam persiapan menuju aksi hari ini yang pastinya tidak kalah dibanding yang saya tulis di atas dan tak mungkin saya tulis di sini satu per satu. Semua sektor tentunya telah bekerja keras dalam penyuksesan hari ini. Ini adalah sukses bersama. Inilah pengorbanan mereka yang tidak rela dan tidak ridho apabila Presiden penjajah dimana atas kebijakannya lah banyak nyawa kaum muslim melayang dengan mudahnya itu diterima di negeri ini.. Inilah setidaknya suara dan usaha mereka menolak kedatangan Presiden penjajah itu di negeri ini.. berharap dukungan terhadap penolakan obama terus bertambah…

”…senang sekali ketika melihat di berita, massa HTI Malang, Surabaya, Yogyakarta masing masing mencapai ribuan pula.. dan tak lupa 500an di Bandarlampung… moga suara ini didengar…”

Banjarmasin, 14 Maret 2010

——————————————————————————————————

Reportase Media:

http://regional.kompas.com/read/2010/03/18/11014594/HTI.Kalsel.Serahkan.Petisi.Tolak.Obama.

http://m.banjarmasinpost.co.id/read/artikel/2010/3/14/38374/Massa-HTI-Kalsel-Tolak-Kedatangan-Obama-

http://erabaru.net/nasional/50-jakarta/11410-aktivis-mahasiswa-gelar-aksi-tolak-obama

http://www.kalimantanpost.com/tri-banjar/banjarmasin/2013-hti-kalsel-tolak-obama.html

Foto Lain

peserta ikhwan

peserta nisaa

peserta aksi massa tolak Obama Banjarmasin

peserta aksi nisaa

Orasi Mahasiswa

Pamflet undangan aksi untuk Pelajar Muslim Banjarmasin

    • adivictoria1924
    • Maret 28th, 2010

    Allahu akbar !!!!

    • hamba Allah
    • April 6th, 2010

    lho orasi mahasiswa?

    kalo gk salah foto itu kan….

    • Pemantik_Revolusi
    • Mei 3rd, 2010

    Masya Allah…

    tolong selamatkan saudari antum. sudah minta izin dengan akhwat yang muka beliau terlihat disana??

    ana tidak mau di anggap berlebihan, tapi jagalah kehormatan saudari antum.

    jazk bil jannah

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: