19 (Renungan Milad Fajar Gemilang Ramadani, Kontributor Mafahim Center)


oleh Fajar Gemilang Ramadani

Hari itu hari Minggu, langitnya begitu cerah. Mentari pun bersinar dengan penuh kehangatan. Awan saling tumpang tindih, menutupi birunya langit pagi itu. Pagi yang cerah di bulan Ramadhan. Bulan penuh rahmah, dan maghfiroh. Bulan yang senantiasa di nanti dan diharapkan kedatangannya seyiap tahun. Bulan milik umat terbaik, yang pernah diturunkan oleh Allah.

Hari itu lahirlah seorang bayi dari rahim seorang ibu yang begitu penyayang. Ibu yang penuh kasih dan cinta. Entah berapa banyak pengorbanan yang dilakukan sang ibu selama 9 bulan 9 hari untuk menjaga dan melindungi sang jabang bayi. Dan entah berapa banyak cinta kasih yang sudah dicurahkan seorang ibu kepadanya. Hanya pemilik jiwanya lah yang mengetahui.

Kelak setelah lahir bayi itu diberi nama FAJAR GEMILANG RAMADANI. Fajar yang cerah di bulan Ramadhan. Ya, itulah aku. Manusia yang dilahirkan ke dunia yang fana 20 tahun yang lalu, 8 Ramadhan 1411 H, atau 19 tahun yang lalu jika dihitung berdasarkan kalender masehi, 24 Maret 1991.

Aku yang lahir dari keluarga yang biasa, tapi dibesarkan oleh orang yang LUAR BIASA, kedua orang tuaku. Hingga saat ini, sudah 19 tahun aku hidup di dunia. Tentu banyak yang terjadi dalam kehidupanku sebagai makhluk dari Sang Pencipta alam semesta.

Masa kanak-kanak ku lalui layaknya naka-anak yang lainnya. Bermain dan bermain, mulai main kelayangan, keleker, main kartu, hingga main masak-masakan pernah ku lakoni. Sewajarnya masa kanak-kanak lah. Sekolah di SD, sorenya main lagi.

Tamat SDN Sungai Miai 7, aku melanjutkan studi di MTsN Mulawarman. Walaupun sempat sekolah di sekolah yaang berlatarbelakang Islam entah kenapa aku tak merasakan nuansa keIslaman dalam diriku. Mungkin aku memang orang yang rada berandalan.

Selesai di sekolah menengah pertama, aku masuk salah satu SMA yang kata orang sih lumayan jadi sekolah favorit di kotaku. SMAN 1 Banjarmasin. Kalau kata orang masa SMA adalah masa terindah, menurutku mungkin bisa dibenarkan. Karena di sekolah inilah aku menemukan jati diriku. Menemukan identitasku yang sebenarnya. Di sekolah ini aku mampu menemukan misi untuk apa aku hidup. Untuk apa aku dilahirkan kedunia. Yang akhir-akhir ini kulihat tak semua orang mampu menjawab, untuk apa mereka hidup? Untuk apa mereka dilahirkan?

Di sekolah ini aku bertemu dengan orang-orang yang luar biasa, belajar lebih dari sekedar pelajaran fisika dengan hukum newtonnya, matematika dengan sin tan cos nya, kimia dengan konsep mol nya. Aku banyak belajar hal lain yang sebenarnya tidak ada dalam kurikulum pendidikan Indonesia. Di sekolah ini juga aku menemukan jawaban kenapa aku harus jadi seorang Muslim.

Di sekolah ini aku menemukan solusi kehidupan, menemukan Dien yang lurus, yang walaupun sebelumnya aku sudah memeluk Dien ini, tapi aku belum menyadari hakikat sebenarnya dari Dien tersebut. Semuanya bermula di sekolah ini. Terima kasih kepada Ka Ical yang telah menjerumuskanku ke jalan yang benar, kepada kawan-kawan seperjuanganku, kawan-kawan se-AQIDAH yang senantiasa memberikan semangat dan motivasi, yang selalu mengingatkan jika aku lalai dan melakukan kekeliruan. Giat, Amda, Sidik, Fajar Ardi, Muse, Budi, Ridwan, Riyan, Satrio, Ucuf (lekaslah kau kembali ke barisan), semua kawan-kawanku di dari kelas 1-3, khususnya kelas IPA 1.

Terima kasih kepada para pembinaku, yang telah mentransfer ilmu, tsaqafah, mafhum, semangat, Ka Ical, Ka Ryo, Ka Saenol, Ka Hendra, Ka Amri. Terima kasih juga buat Ka Joko, Ka Sira, dan semua pejuang-pejuang Islam di Banjarmasin. Semua yang kalian berikan insya Allah akan selalu ku ingat, khusus Ka joko janji pian ulun tagih terus kalau ulun ke Banjarmasin. Ka Sira banjarbaru aman-aman saja ka ae. Ka Hendra terima kasih banyak ka atas semua nasehat dan wejangan-wejangan pian.

Terima kasih kepada adik-adik ku di SMASA, mohon maaf kalau rancak merepotkan. Baim, Dika, Humaidi, Ahmadi, Kiki, Wahyu, Robi, Mujahid, dll. Keep ISTIQOMAH.

Tak lupa kepada kawan-kawan di FK UNLAM yang tak bisa ku sebutkan atu persatu, karena banyak sekali, juga ku ucapkan terima kasih.

Kepada semua yang membaca tulisan ini satu saja yang kuminta, doakan aku senantiasa Istiqomah dalam Islam dan Dakwah, doakan aku bisa sukses dunia akhirat.

Spesial THANK’S to:
ALLAH SWT karena begitu banyak nikmat yan telah diberikannya kepadaku. Begitu berlimpah curahan rahmat kasih sayangnya kepadaku

Rasulullah SAW, karena jasa beliau aku dan juga kalian bisa merasakan nikmatnya Islam, hingga Islam bisa sampai ke Banjarmasin.

Ibuku, yang telah mengandung dan melahirkan aku. Yang telah mendidikku hingga aku menjadi diriku yang sekarang.

Ayahku, yang juga telah mendidik dan membesarkanku, yang telah mencarikan nafkah yang halal bagiku.

***

Bagiku bertambahnya usia, tak lain adalah berkurangnya umurku. Hingga saat ini berarti umurku telah berkurang 19 tahun. Entah berapa lagi sisa umur yang kumiliki. Semoga di sisa umurku, aku bisa memberikan kontribusi yang terbaik untuk Islam dan perjuangan menegakkannya.

Di sisa umurku juga ada banyak cita-cita yang ingin ku capai. Aku ingin menjadi dokter Muslim yang baik dan handal, ingin jadi ahli pengobatan herbal, dan akupuntur, ingin punya klinik pengobatan Islam, ingin punya rumah makan (bisnis), dan masih banyak lagi. Tak lupa cita-cita tertinggi menjadi SYUHADA dalam membela ISLAM.

***

Teriring juga doa untuk Ibu dan Ayahku, untuk kedua adikku. Mudah-mudahan kita dapat berkumpul di SYURGA ALLAH kelak. Amin ya Rabbal Alamin…..

Banjarbaru, 23 Maret 2010
Selesai di tulis pukul 21.35, sambil menahan rasa perih akibat mata merah.

Iklan
  1. Subhanallah..
    ana suka tulisannya.. 😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: