REPORTASE BASIC ISLAMIC LEADERSHIP TRAINING (B-ILT) BKLDK DIY 16 Mei 2010


“Biasa atau istimewa?”

“Istimewa!”, sahut ratusan peserta membalas pertanyaan sang trainer.

Hari istimewa itu, Ahad, 16 Mei 2010 memang tidak biasa, terjadi keriuh-ramaian yang membahana di STTL-YLH (Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan-Yayasan Lingkungan Hidup), sebuah kampus sederhana di pojok timur kota Yogyakarta. 120-an hadirin dari berbagai kampus di Yogyakarta seperti UGM, UAD, UII, STTA, ISI, UMY, UJB, ATK, STTNAS, Hamfara, El-Rahma, dan kampus-kampus lain, bahkan jauh-jauh dari UM-Magelang “tumplek-bleg” di aula utama kampus tersebut. Bukan karena menonton konser musik, bukan juga karena ada artis ibukota. Mereka semua hadir untuk mengikuti Basic Islamic Leadership Training perdana yang diselenggarakan BKLDK Korwil DIY.

Dimulai pukul 08.00 WIB acara yang bertajuk “Beyond The Inspiration for Infinite Success” tersebut dibuka dengan sambutan Ketua Panitia Akhina Yusuf al-Haddad, disambung oleh Amir KMI STTL Akhina Fadlun Sangaji, dan Akhina Prio Agung Wicaksono selaku Korwil BKLDK DIY. Acara ini juga dibuka secara resmi oleh Ibu Ir.Warsiyah, M.Sc, selaku Wakil Ketua 3 Bag.Kemahasiswaan STTL Yogyakarta.

Training pada hari itu dipimpin oleh 2 orang fasilitator handal yang sudah malang melintang di dunia training, mereka adalah Master Hidayat Arifianto yang membawakan materi “Special Creature” dan “Total Vision”, juga Kapten Cahyono yang membawakan materi “The View of Life” dan “Beyond The Inspiration”.

Puncak ketegangan peserta terjadi saat materi Total Vision dimana dijelaskan bahwa hidup yang sesaat ini sudah seharusnya didedikasikan untuk perjuangan Islam. Itulah yang dibebankan dan harus dilakukan oleh pemuda-pemuda muslim saat ini karena pada siapa lagi umat berharap kalau bukan kepada mereka?

Pada sesi ini, sesuai yang diminta fasilitator seluruh peserta membuat afterlife mapping atau impian kematiannya, yaitu sebuah tekad apa saja yang akan mereka beri dan korbankan dalam perjuangan Islam ini hingga mereka layak mendapatkan kemuliaan di surge kelak. Afterlife mapping ini kemudian dibacakan dalam kelompok-kelompok kecil untuk disaksikan temannya. Takbir bersambut menggaung dalam ruangan tersebut. Beberapa peserta bahkan tak kuasa menahan air matanya jatuh.

Keharuan dan isak tangis semakin tak bisa dibendung ketika pada sesi penutup training,  Kapten Cahyono membacakan do’a yang semakin meneguhkan tekad pilihan peserta yang hadir untuk bersama-sama memperjuangkan syariah dan khilafah. Bahwasanya perjuangan ini memang satu-satunya pilihan yang harus diambil karena memang tidak ada pilihan lain.

Waktu menunjukkan tepat 17.00, rangkaian acara pada hari itu ditutup dengan sambutan Pembina KMI STTL, Pak Ikhsan Hidayat. Alhamdulillah, walaupun training tersebut dilaksanakan seharian penuh, raut dan keluhan “capek” tidak sama sekali terlihat dari wajah peserta. Mereka semua antusias mengikuti rangkaian acara yang memang dikemas eksklusif dan profesional oleh tim BKLDK.

Walhasil training hari itu juga ditutup secara simbolis oleh MC Akhina Amir.

“Terima kasih, teman, pada hari ini saya telah mendapatkan impian kematian saya. Doakan, nasihati dan ingatkan saya. Agar kita bersama-sama bisa memperjuangkan Syariah dan Khilafah. Allahu Akbar!”, seru MC diikuti seluruh peserta dengan semangat, menandakan berakhirnya acara ini.

Sebelum membubarkan diri, seluruh peserta dan panitia bersalaman, berpelukan dan berfoto bersama untuk mengokohkan ukhuwah dan menegaskan kembali bahwasanya perjuangan yang akan dilakukan sepulang acara ini tidak akan mereka lakukan sendirian. Mereka mempunyai  teman-teman yang memiliki satu tujuan, yang akan saling mengingatkan, saling mendoakan, saling dorong, dan saling berlomba dalam kebaikan. (Oleh Ridwan Taufik Kurniawan)

FOTO


1. suasana di meja registrasi

1. suasana di meja registrasi

2. peserta mengikuti training

2. peserta mengikuti training

3. peserta antusias mengikuti game interaktif

3. peserta antusias mengikuti game interaktif

4. kecerian peserta di tengah2 acara

4. kecerian peserta di tengah2 acara

5. kapten cahyono membawakan materi the view of life

5. kapten cahyono membawakan materi the view of life

6. master hidayat berinteraksi dengan peserta

6. master hidayat berinteraksi dengan peserta

7. master hidayat arifianto sbg trainer

7. master hidayat arifianto sbg trainer

8. Sesi makan siang

8. Sesi makan siang

9. game 'samson delilah' yang diikuti semua peserta

9. game 'samson delilah' yang diikuti semua peserta

10. peserta menuliskan afterlife mapping

10. peserta menuliskan afterlife mapping

11. peserta training membacakan afterlife mappingnya

11. peserta training membacakan afterlife mappingnya

12. peserta dan panitia bersalam dan berpelukan

12. peserta dan panitia bersalam dan berpelukan

13. berfoto bersama seusai acara

13. berfoto bersama seusai acara

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: