Demokrasi dan Plesiran Para Dewan


oleh Ridwan Albanjari

mafahimcenter.wordpress.com – Untuk menambah referensi dari pembuatan RUU Kepramukaan, DPR-RI berniat akan berangkat “studi banding” ke Afrika Selatan. Untuk kunjungan ini dianggarkan dana Rp 795juta (TVOne Kabar Petang 170910). Adapun alokasi dana jalan-jalan anggota DPR seperti yang dilansir detik.com adalah Rp 162,9 Milyar setiap tahunnya, 7 kali lipat dibanding lima tahun lalu. Perlu diingat bahwa jumlah tersebut bukanlah angka yang kecil. Studi banding keluar negeri bukanlah agenda strategis dibanding program peningkatan kesejahteraan rakyat yang riil.

Beginilah tabiat demokrasi yang memberikan hak pembuatan hukum kepada manusia. Manusia jika diminta untuk memutuskan suatu perkara sedikit banyak pasti dipengaruhi oleh nafsu dan kepentingan pribadinya. Kita ingat mengapa UU kenaikan gaji dan peningkatan kesejahteraan pejabat tinggi semisal dana aspirasi begitu cepat gol? Selain itu juga pasti akan terjadi relativisme/ambiguisme, perbedaan pandangan tentang baik dan buruk suatu hal.

Dalam Islam setiap peraturan/Undang-undang hanya datang dari Dzat Yang Maha Baik, yang paling tahu hakikat manusia dan kehidupan in.i Sistem syariah memustahilkan kemubaziran dan nafsu manusia diatas manusia lainnya. Untuk membuat hukum, umat Islam tidak memerlukan referensi lain selain Al-Quran, Sunnah, Ijmak Shahabat dan Qiyas. Tidak perlu membandingkan atau mencari hukum yang lebih baik dari hukum Allah, apalagi dengan jalan-jalan keluar negeri atas nama kunjungan kerja.

Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin? (TQS.Al-ma’idah 5:50)

Belum lama ini juga diputuskan pembangunan gedung baru DPR yang sangat mewah. Dilengkapi dengan spa, kolam renang, pusat kebugaran dan saran rekreasi lainnya, yang mulai dibangun Oktober nanti, dengan anggaran biaya pembangunan gedung (belum termasuk interior dan fasilitasnya) Rp 1,6 Triliun.

Ini adalah bukti kesekian akuntabilitas penerapan demokrasi yang meniscayakan kerugian pada seluruh rakyat tanpa terkecuali. Mari raih ridho Allah dan makmurkan negeri ini dengan kembali kepada Islam secara total dengan menerapkan syariah dalam naungan Khilafah (RA/16/09/10)

http://www.detiknews.com/read/2010/09/16/140330/1441738/10/ibc-anggaran-dpr-buat-pelesiran-ke-luar-negeri-capai-rp-1629-m

http://www.detiknews.com/read/2010/09/16/133654/1441712/10/studi-banding-dpr-dan-dpd-ke-luar-negeri-tak-tingkatkan-kualitas-uu

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: