Untuk Buku KSI


oleh Fajar Gemilang Ramadani

Tibalah saatnya anda pergi ke kampus jam 7 pagi. “Gile…!!! Pagi bener..!! Ngapain ..??” ada yang kaget sambil garuk-garuk kepala. Ternyata hari ini adalah kuliah dr. X yang beliau bisanya Cuma jam 7 pagi atau hari ini ternyata ada jadwal asistensi yang jadwalnya Cuma ketemu hari ini jam 7 pagi. Maka bernagkatlah anda ke kampus dengan wajah seperti orang China, alias mata sipit karena kurang tidur karena malam tadi juga begadang (makanya ikutin nasehat Bang Haji, Begadang Jangan Begadang…) ngerjain deadline laporan yang harus dikumpul hari ini. Padahal kelompok yang lain belum ada yang ngumpul, tapi karena anda lagi apes, dapat asdos yang “rajin” jadilah anda arus mengumpul laporan lebih dulu dari kelompok lain.

Habis kuliah atau asistensi jam 7 pagi, tentu perjalanan hari ini masih sangat panjang. Schedule selanjutnya ya kuliah lagi. Anda pun mencoba menggelorakan semangat 45 agar bisa melewati hari ini dengan sukses. Ketika kuliah berlangsung, semangat ini pun kerap kali akan terkikis oleh waktu. Kelopak mata anda, menjadi bagian tubuh yang paling berat rasanya. Penjelasan dosennya ternyata sangat ampuh bagi penderita insomnia, sedative banget. Di tambah lagi materi yang juga anda ga ngerti. Runtutan patofisiologi dan pathogenesis yang ribet, TNF alfa lah, interleukin, dan teman sejawatnya yang sedari tadi muter-muter di atas kepala anda tapi ga bisa anda tangkap biar bisa masuk ke sangkar otak anda.

Tenang hari ini belum berakhir, hari ini kuliah sampai jam 2 siang. Dengan perut yang keroncongan, karena cacing-cacing diperut anda lagi ngadain orkes dangdut, sebab pagi tadi ternyata anda ga sempat untuk sarapan, jadilah otak anda semakin mumet karena otak ga dapet suplay nutrisi dan oksigen yang memadai. Semakin melengkapi cerita indah pada hari.

Belum lagi pada satu saat mungkin pada hari yang sama juga ada jadwal praktikum yang jadi lanjutan cerita hari ini. Maka selamat datang pretest. Sialnya anda ternyata ga sempat belajar malam tadi. Karena ngerjakan tugas laporan sementara praktikum yang bersangkutan. Ya jadilah anda bertemu dengan yang namanya inhal. Dan melayanglah uang 5000 perak dari dompet anda.

Hari sudah mulai senja, setelah shalat magrib hari ini terus harus dilalui dan “acara” selanjutnya adalah rapat organisasi. Sebenarnya jarang ada organisasi yang rapat pada malam hari tapi karena anda super sibuk, maka waktu satu-satunya pada hari ini adalah jeda antara magrib dan isya’. Setelah shalat isya, anda bergegas tancap gas cari warung paling dekat buat makan malam. Makan sambil tergesa-gesa, dan menguyah 32 kali hanya jadi isapan jempol buat anda. Kanapa anda jadi cepat-cepat makannya?? Ternyata malam ini ada jadwal pengajian (atau bahasa kerennya halaqah), yang anda ga boleh terlambat.

 

Selesai halaqah kira-kira jam 10.30 malam, dan anda pun pulang ke kost dengan wajah sayu dan bau badan yang udah lumayan semerbak, karena ga sempat mandi sore. Habis cuci muka seadanya, anda langsung masuk kamar, mengambil kertas polio buat melanjutkan membuat laporan atau baca petunjuk praktikum karena besok ada praktikum lagi atau malah coba latihan beban dengan ngankat buku segede bantal terus membacanya sampe ketiduran berbantalkan text book.

Welcome to my life in Fakultas Kedokteran..!!

nang ilustrasi di atas ga selamanya seperti itu. Ibarat balapan Moto GP ga ada sirkuit di dunia yang jalannya tikungan melulu. Pasti ada jalan lurusnya. Bahkan ada kalanya satu waktu yang jalan lurusnya sangat panjang, sampai-sampai anda terlena dibuatnya, dan baru sadar bahwa tikungan tajam sudah dihadapan anda. Tak jarang anda bakal terjungkal karena ga siap menghadapi tikungan tajam tersebut.

Anak Fakultas Kedokteran biasanya “sok sibuk”. Sibuk ini lah-sibuk itu lah. Praktikum, skill lab, asistensi, kuliah, ngerjain tugas dosen, bikin makalah, bikin laporan, tugas kelompok, dan lain sebagainya. Ini sering banget jadi alasan bagi anak-anak kedoktran buat ninggalin kewajibannya di peran yang lain. Yang paling sering ditinggalin peran sebagai seorang muslim. Diajak ikut pengajian, “aduh maaf kak, besok saya ada praktikum jadi harus belajar”, “saya sebenarnya mau ikut ka, tapi saya ada tugas kelompok” dan dalil-dalil ga penting lainnya pun keluar.

Ilustrasi seperti di atas ga semuanya bagus untuk ditiru, dan ada juga yang sangat bagus untuk ditiru. Makanya buku ini ditulis biar anda yang membaca yang notabene adalah mahasiswa baru bisa mengarungi samudera perkuliahan di Fakultas Kedokteran dengan selamat. Berikut tips-tips yang bisa diberikan. Semoga bermanfaat :

Bikin manajemen diri

Tahun kedua perkuliahan pada umumnya kesibukan anda bakal bertambah. Materi kuliah yang diberikan kepada anda semakin sulit, jadwal semakin padat, ditambah lagi kalau anda ikut di organisasi-organisasi intern maupun ekstern kampus. Anda bakalan pusing kalau ga bikin manajemen diri. Anda harus mulai membuat skala prioritas atas semua aktivitas yang harus anda lakukan. Kapan mengerjakan ini, kapan belajar, kapan pengajian, kapan istirahat dan lain-lain. Semuanya biar hidup anda ga berantakan kaya ilustrasi di atas.

Sarapan sebelum memulai hari ini

Sarapan itu penting. Kalau anda ga sarapan, biasanya anda bakalan sulit untuk berfikir dan bakalan ngantuk saat kuliah. Maka bisa jadi anda ditimpuk oleh dosen karena ketiduran saat kuliah beliau, atau malah dikeluarkan dari kelas. Makanya sempatkan selalu untuk sarapan, walaupun Cuma sebungkus roti. Itu juga sudah lumayan untuk mengganjal perut sementara. Kalau ada waktu untuk makan, maka segera makan. Jangan sampai anda mengidap penyakit khas mahasiswa, “MAAG”.

Jangan lupa mandi

Salah satu efek negative dari kesibukan mahasiswa adalah malas mandi taua ga sempat mandi. Ini juga banyak pengaruhnya terhadap daya serap anda selama menjalani kehidupan di kampus, khususnya kuliah. Selain baik untuk kesegaran diri anda pribadi, ini juga untuk kemaslahatan kawan-kawan anda satu kelas yang lain. Anda bakalan menanggung dosa kalo sampai teman disebelah anda jadi ga konsen kuliah karena mencium bau badan anda yang semerbak karena ga mandi.

Sempatkan membaca slide kuliah sebelum kuliah bersangkutan

Walaupun tips yang satu ini terkadang juga sangat sulit ngelakuinnya. Karena memang betul-betul ga sempat. Tips yang satu ini bakalan mempermudah anda untuk memahami lebih dulu materi yang akan disampaikan sang dosen. Darimana dapat slidenya? Silahkan hubungi kaka tingkat anda.

Temukan pola-pola pada setiap materi

Setiap materi biasanya ada pola-pola tertentu agar kita mudah menghapal dan memahami. Ini adalah sense sebagai seorang mahasiswa. Kita mesti bisa menyibak tabir misteri setiap materi kuliah dan menemukan benang merahnya. Kalau perlu buat tabel perbandingan, antara 1 materi denga materi lain. Nyalakanlah kreatifitas anda, sehingga membuat anda semakin mudah memahami setiap materi.

Jangan pernah meninggalkan peran sebagai seorang Muslim

 

Sesibuk apapun anda, jangan sampai lupa shalat. Jangan sampai kesibukan menjadi alasan untuk tidak ikut pengajian-pengajian. Sesibuk apapun anda jangan sampai menelantarkan tugas berdakwah. Karena yakinlah Allah akan menolong hamba yang menolong agama-Nya. Dengan menolong agama Allah, sebenarnya anda telah menolong diri anda sendiri. Mungkin ada satu saat anda akan merasakannya, ketika besok anda ada pretest praktikum, tapi malamnya anda ga sempat belajar karena ada rapat dakwah atau ada jadwal pengajian. Tapi ternyata saat pengumuman inhal tak ada tertera NIM anda. Sungguh sangat bahagialah anda saat itu.

 

 

 

Kayaknya cukup ini aja deh tips nya. Yang jelas Fakultas Kedokteran itu ga selamanya sibuk. Tinggal bagaimana kita mengatur ritme kehidupan kita. Dan ingat jangan sampai kesibukan perkuliahan menjadi alasan untuk tidak mengkaji dan memperjuangkan Islam.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: